BERITA LIGA INGGRIS >> PREMIER LEAGUE

Morata Cetak Gol, 2 Kartu Merah, Chelsea Keok

Gol Alvaro Morata gagal memberikan kemenangan buat Chelsea di Stamford Bridge. --FOTO: Action Images via Reuters/Tony O'Brien.

Sabtu, 12 Agustus 2017 22:46 WIB

Ceskkor.com - Chelsea membuat awal yang sangat buruk di Premier League 2017/2018. Pasukan Antonio Conte di luar dugaan menyerah dari klub medioker, Burnley, dengan skor 2-3 di Stamford Bridge, Sabtu (12/8). Kekalahan ini memperpanjang catatan buruk The Blues yang juga menuai hasil buruk di sepanjang pramusim. 

Tanda-tanda kekalahan Chelsea sudah terlihat sejak awal. Terutama setelah sang kapten, Gary Cahill, diganjar kartu merah pada menit 14. Cahill dianggap oleh wasit Craig Pawson melakukan pelanggaran keras dengan mengajukan pul sepatunya ke arah kaki pemain Burnley, Steven Defour. Ini jadi kartu merah pertama di Premier League 2017/2018. 

Antonio Conte pun harus menarik keluar satu pemainnya untuk memasukkan bek. Pelatih asal Italia itu memilih mengganti Jeremie Boga dengan Andreas Christensen. Kartu merah Cahill mengubah arah permainnya. Chelsea yang awalnya menguasai pertandingan, kini cenderung terburu-buru sehingga mudah kehilangan bola.

Suprlus satu pemain pun dimanfaatkan dengan jitu oleh Burnley racikan Sean Dyche. Burnley membuka keran gol pada menit 25 mellaui Sam Vokes yang memanfaatkan assist dari Matthew Lowton. Conte pun menghadapi mimpi terburuknya dalam melatih Chelsea. 

Dua gol Burnley bersarang lagi ke gawang Thibaut Courtois sebelum babak I kelar, masing-masing lewat Stephen Ward di menit 39 dan Vokes lagi di menit 43. Untuk kali pertama sejak era Premier League dimulai pada musim 1992/1993, Chelsea tertinggal 0-3 pada babak I. 

Di babak II, Conte bertahan dengan komposisi pemain yang sama seperti di babak II hingga menit 59. Pada menit 60, Alvaro Morata dikerahkan untuk menggantikan Michy Batshuayi yang sulit menemukan celah di pertahanan Burnley. Conte mungkin akan menyesali tak memainkan Morata sejak menit pertama dan malah memilih Batshuayi. 

Morata membuat gol pada menit 69 dengan menanduk umpan silang Willian. Di menit 73, Morata nyaris membuat gol keduanya. Namun, ia lebih dulu terjebak offside sebelum menerima umpan dari Christensen. 

Usaha Chelsea memperkecil skor malah mendapatkan pukulan telak setelah Cesc Fabregas mendapatkan kartu kuning kedua yang berarti kartu merah pada menit 81. Ini kali pertama Chelsea mengalami dua kartu merah dalam satu pertandingan sejak kontra Aston Villa pada 2014. 

Beruntung, Morata kembali memperlihatkan kelasnya. Pemain yang direkrut dari Real Madrid senilai 70 juta poundsterling ini menjadi pemberi assist buat gol David Luiz di menit 88. Skor pun mengecil menjadi 2-3. 

Namun, dengan kekuatan hanya sembilan orang, Chelsea tak bisa menambah gol demi menyamakan skor hingga babak II berakhir. 

SUSUNAN PEMAIN 

CHELSEA (3-4-2-1): Courtois; Rudiger, Luiz, Cahill; Azpilicueta, Kante, Fabregas, Alonso; Willians, Boga (Christensen 18, Musonda 90+2); Batshuayi (Morata 60)

BURNLEY (4-5-1): Heaton; Lowton, Mee, Tarkowski, Ward; Gudmundsson (75), Hendrick, Defour (Arfield 75), Cork, Brady; Vokes

(CS/Indra)

Berita Terkait