BERITA LIGA SPANYOL >> PRIMERA DIVISION

Madrid Waspadai Kutukan Kartu Merah di El Clasico

Sergio Ramos dikartumerah oleh wasit Alejandro Hernandez karena melanggar Lionel Messi pada el clasico di Santiago Bernabeu, 23 April 2017. --FOTO: REUTERS/Sergio Perez.

Sabtu, 12 Agustus 2017 21:54 WIB

Cekskor.com - Piala Super Spanyol 2017 antara Barcelona dan Real Madrid akan digelar dua leg. Yang pertama dihelat di Nou Camp, Minggu (13/8) atau Senin (14/8) dinihari WIB. Yang kedua di Santiago Bernabeu, Rabu (16/8). Ernesto Valverde dan Zinedine Zidane jelas sangat menginginkan tim mereka masing-masing mendulang kemenangan dan menjadi juara. 

Menariknya, tekanan sepertinya lebih ada pada kubu Madrid. Pasalnya, Selain sisi strategi dan taktik, sejumlah faktor lain di luar kedua hal tersebut juga menentukan hasil di el clasico. Salah satunya adalah kartu merah. Catatan indisipliner ini lebih banyak dituai para pemain Madrid di el clasico ketimbang para pemain Barca. 

Bahkan, dalam empat el clasico terakhir di seluruh kompetisi, tercatat tiga kali Los Blancos mendapatkan kartu merah. Tak ayal, tak mustahil ini bisa terjadi pada leg I Piala Super Spanyol di Nou Camp. Yang artinya, Zidane berpotensi kehilangan salah satu pemain pentingnya untuk leg II. 

Bahkan, sebelum leg I digelar saja, Zidane sudah kehilangan satu pemain, yakni Luka Modric. Gelandang Kroasia ini masih menyimpan skorsing akibat kartu merah yang didapatnya di Piala Super Spanyol 2015. 

Khusus di el clasico, pada 21 November 2015, Blaugrana menang telak 4-0 di Santiago Bernabeu dengan Isco mendapat kartu merah akibat melanggar keras Neymar. Ironisnya, pada el clasico jilid II di musim yang sama, tepatnya pada 2 April 2016, giliran Sergio Ramos yang dikartumerah di Nou Camp. Namun, Madrid tetap memenangi pertandingan 2-1 berkat gol Cristiano Ronaldo. 

Pada el clasico di musim berikutnya, Madrid lagi-lagi kurang beruntung. Pada 3 April 2017 yang menjadi el clasico kedua di musim 2016/2017, saat skor 2-1 untuk Barca di Sanatiago Bernabeu, Ramos diganjar kartu merah pada menit 77 karena melanggar Messi. La Pulga menjadi pahlawan Barca berkat golnya di menit 92 yang memastikan kemenangan 3-2 buat Blaugrana. 

So, akankah ada pemain Madrid yang diganjar kartu merah pada Piala Super Spanyol 2017?

(CS/Indra)

Berita Terkait