BERITA LIGA SPANYOL >> PRIMERA DIVISION

Inilah 9 Tahapan dalam Proses Transfer Pemain

Skema proses transfer pemain

Sabtu, 12 Agustus 2017 13:22 WIB

Cekskor.com – Neymar Junior akhirnya mendapatkan lampu hijau untuk melakoni debutnya bersama Paris Saint Germain melawan En Avant De Guingamp dalam laga pekan kedua Ligue 1, Minggu besok. Kepastian ini diperoleh setelah Federasi Sepakbola Prancis (FFF) menerima sertifikat transfer internasional pemain asal Brasil itu dari Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF).

Neymar resmi diperkenalkan sebagai pemain PSG, Jumat pekan lalu. Tapi, ia tidak bisa langsung debut pada keesokan harinya saat Les Parisiens memainkan laga pertama di Ligue 1 musim ini. Pasalnya, sertifikat transfernya belum dikeluarkan lantaran saat itu Barcelona belum menerima uang transfer dari PSG yang bernilai 222 juta euro (Rp 3,4 triliun).

Lantas seperti apa prosedur perekrutan pemain hingga rampung? Berikut ini sembilan tahapannya:

1. Klub pembeli mengajukan tawaran kepada klub penjual dan menjelaskan pemain mana yang ingin mereka beli atau pinjam.

2. Begitu kesepakatan dibuat, federasi sepakbola di pihak klub penjual harus mengkonfirmasi identitas pemain yang bersangkutan di Sistem Transfer FIFA (ITMS).

3. FIFA kemudian mengkonfirmasi bahwa proses transfer bisa dilanjutkan.

4. Federasi sepakbola di pihak klub pembeli meminta Sertifikat Transfer Internasional dari federasi sepakbola di pihak klub penjual.

5. Federasi sepakbola di pihak klub penjual bisa menyetujui atau menolak permintaan tersebut dengan memberikan penjelasan (dalam kasus transfer Neymar, RFEF tidak memberikan sertifikat transfer karena uang dari PSG belum diterima Barcelona).

6. Jika sertifikat itu dikeluarkan, pendaftaran pemain harus dimasukkan ke dalam Sistem Transfer FIFA.

7. Kini, pemain tersebut sudah memenuhi syarat untuk bermain bersama klub barunya.

8. Bukti pembayaran biaya transfer ditambahkan ke dalam dokumen FIFA.

9. Transfer selesai. (CS/Rizal)

Berita Terkait