BERITA ALL SPORT >> MOTO GP

Perangkat ini Bikin Rossi Tercepat di Tes Brno

Valentino Rossi (Movistar Yamaha MotoGP) --FOTO: Yamaha MotoGP.

Rabu, 09 Agustus 2017 11:49 WIB

Cekskor.com - Valentino Rossi hanya sanggup finis keempat di belakang Marc Marquez, Dani Pedrosa, dan Maverick Vinales, pada MotoGP Republik Ceko di Sirkuit Brno, Minggu (6/8). Namun, Il Dottore sanggup menjadi tercepat pada tes IRTA yang digelar di sirkuit yang sama pada Senin (7/8). 

Rossi, yang melahap 51 lap di sepanjang tes yang berlangsung selama delapan jam, mengungguli Marquez pada usahanya terakhirnya di pengujung sesi. Setelah tes, Rossi mengakui sejumlah komponen baru telah sangat membantunya untuk tampil cepat di tes, termasuk garpu serat karbon baru yang dipasol pabrikan suspensi Ohlins di YZR-M1 miliknya. 

Dengan perangkat baru tersebut, Rossi jadi lebih mudah dalam menikung. Selain garpu, juara dunia MotoGP tujuh kali ini juga menjajal fairing aerodinamika Yamaha. Namun, tak seperti garpu serat karbon, Rossi memutuskan tak akan menggunakan fairing tersebut pada bagian akhir tes dan MotoGP Ausria pada akhir pekan ini. 

"Saya sangat gembira karena ini sudah lama sekali sejak saya bisa berada di posisi pertama pada sebuah tes di hari Senin. Saya biasanya tak suka tes pada Senin, tes-tes ini bagian sulit dari pekerjaan saya," kata Rossi. 

"Ini penting karena kami menuntaskan sebuah akhir pekan yang bagus dengan sebuah performa yang bagus. Berada di posisi pertama selalu menjadi sebuah perasaan bagus. Di antara semua hal yang kami jajal, kami mencoba fairing yang bagus. Saya mendapatkan perasaan bagus, tapi itu tergantung pada treknya.

"Saya rasa fairing ini akan sangat penting buat sebuah trek seperti di Austria (Red Bull Ring, Spielberg). Saya suka garpunya karena membantu dalam perubahan arah dan motor lebih mudah dan enteng jadi ini sebuah opsi bagus."

Ironisnya, Vinales tak begitu suka dengan garpu terbaru dari Ohlins. Dengan bobot yang lebih ringan, pembalap Spanyol ini justru merasa M1 miliknya lebih sulit dikendalikan. 

"Garpu serat karbon dari Ohlins terasa jauh lebih ringan, tapi efeknya tak sesuai seperti yang kami inginkan. Kami akan menjajalnya lagi di Austria dan kita lihat bagaimana performa kami di sana nanti," ucapnya.

(CS/Indra)

Berita Terkait