BERITA ALL SPORT >> GOSIP OLAHRAGA

Ronaldo Klaim tak Bersalah di Pengadilan Madrid

Cristiano Ronaldo (Real Madrid) --FOTO: REUTERS/Ruben Sprich

Selasa, 01 Agustus 2017 06:51 WIB

Cekskor.com - Cristiano Ronaldo memenuhi kewajibannya untuk hadir di Pozuelo de Alarcon yang terletak sedikit di luar Kota Madrid, Spanyol, Senin (31/7). Pemain terbaik dunia empat kali ini memberi kesaksian terkait tuduhan pelanggaran pajak di Spanyol. Ronaldo dinyatakan tak melaporkan 14,7 juta euro kepada otorita pajak Spanyol yang dihasilkan dari penjualan hak citranya di kurun 2011-2014. 

Dalam sidang dengar tersebut yang berlangsung 1,5 jam, Ronaldo menegaskan posisinya sebagai pihak yang tak bersalah. Superstar Real Madrid dan Portugal ini tak berbicara kepada media seusai sidang, tapi ia mengeluarkan pernyataan resmi tak lama kemudian.

"Saya tak pernah menyembunyikan apa pun, pun bermaksud menghindari pembayaran pajak. Kementerian Keuangan Spanyol tahu detail dari pemasukan saya karena kami telah memberikannya kepada mereka," kata Ronaldo. 

"Saya selalu mengembalikan pajak saya secara sukarela karena saya rasa kita semua harus mengumumkannya dan membayar pajak berdasarkan pendapatan kita. Mereka yang kenal saya tahu apa yang saya tanyakan pada para penasehat saya: membuat segalanya up to date dan membayar dengan tepat karena saya tak ingin ada masalah."

Ronaldo juga menyangkal telah membangun sebuah perusahaan khusus untuk mengurusi hak citranya ketika pindah dari Manchester United ke Madrid sebagai pemain termahal dunia pada 2010. 

"Ketika bergabung ke Madrid, saya tak membuat sebuah perusahaan khusus untuk mengelola hal citra saya, tapi mempertahankan perusahaan yang sama ketika saya di Inggris," jelas Ronaldo.

"Para pengacara yang direkomendasikan oleh Manchester United membuatnya pada 2004, jauh sebelum saya terpikir untuk datang ke Spanyol. Perusahaan yang saya gunakan biasa di Inggris dan diverifikasi oleh Kementerian Keuangan dan diratifikasi bahwa itu legal dan sah."

Ronaldo yakin dirinya akan terbebas dari segala tuduhan terkait perpajakan di Spanyol. Ia hanya meminta waktu agar keadilan bekerja sesuai dengan caranya sendiri.

"Sudah saatnya keadilan bekerja. Saya percaya pada keadilan dan saya berharap bahwa akan ada sebuah keputusan yang adil. Demi menghindari tekanan yang tak diperlukan, saya telah memutuskan bahwa saya tak akan berkomentar lebih jauh tentang masalah ini hingga keputusan dibuat," pungkasnya.

(CS/Indra)

Berita Terkait