PRE Kualifikasi PD 2018: Portugal vs Swiss
Indra Kurniawan | Selasa, 10 Oktober 2017 | 05:47 WIB

Cekskor.com - Persaingan Grup B Kualifikasi Piala Dunia Rusia 2018 hanya milik Swiss dan Portugal. Empat tim lainnya, Hungaria, Kepulauan Faroe, Latvia, dan Andorra, sudah tereliminasi. 

Tak ayal, matchday 10 atau terakhir, Selasa (10/10) atau Rabu (11/10) dinihari WIB, antara Portugal versus Swiss di Estadio da Luz, Lisbon, bakal bertensi tinggi. 

Bahkan, boleh jadi lebih panas daripada pertemuan kedua tim di Swiss yang berakhir 2-0 buat tuan rumah pada 6 September 2016. La Nati melesakkan dua gol lewat Breel Embolo dan Admir Mehmedi. Namun, pasukan Vladimir Petkovic hanya mengakhiri pertandingan dengan 10 pemain setelah Xhaka Granit mendapatkan kartu kuning kedua pada pengujung babak II. 

Namun, Cristiano Ronaldo tak bermain di partai tersebut karena cedera. Sang kapten telah berkali-kali membuktikan menjadi pemain penting dan penyelamat buat awak Fernando Santos. Itu yang terlihat ketika pemain terbaik dunia empat kali itu masuk sebagai pemain pengganti kala Portugal menang 2-0 di Andorra pada matchday 9, Sabtu (7/10).

Ronaldo menyumbang satu gol meski beberapa kali mengancam pertahanan Andorra. Melawan Swiss, Santos tak akan berspekulasi mencadangkan Ronaldo lagi. Bintang Real Madrid ini diyakini bakal bermain sebagai starter. 

Maklum, Portugal harus memastikan diri untuk merebut tiga poin. Hingga matchday 9, juara Euro 2016 ini ada di peringkat kedua klasemen dengan terpaut tiga angka dari Swiss. Namun, Portugal unggul jauh dari selisih gol, +26 berbanding +18. 

Artinya, kemenangan 1-0 pun bakal memastikan Portugal menggusur Swiss dari pucuk klasemen dan merebut tiket otomatis ke putaran final di Rusia. Sedangkan, sebagai runner-up, Swiss, bakal mengikuti playoff. 

Swiss menang besar 5-2 atas Hungaria pada matchday 9. Kemenangan ini mempertahankan catatan kemenangan 100% La Nati di Grup B. Swiss juga jadi satu-satunya tim yang mampu mengalahkan Portugal. 

Jadi, Petkovic dipastikan akan mempertahankan sebagian besar pemainnya di starting lineup seperti saat menang telak atas Hungaria. 

PRAKIRAAN PEMAIN 

PORTUGAL (4-4-2): Patricio; Eliseu, Neto, Pepe, Semedo; Quaresma, Pereira, Carvalho, B. Silva; Ronaldo, A. Silva

SWISS (4-2-3-1): Sommer; Lichtsteiner, Schar, Djourou, Rodriguez; Xhaka, Freuler; Shaqiri, Frei, Zuber; Seferovic

PREDIKSI 

PORTUGAL 55-45 SWISS

Dituntut meraih tiga poin di partai ini, Portugal bakal berusaha memastikan mencetak gol degnan cepat. Namun, Ronaldo dan kawan-kawan harus melakukannya dengan super hati-hati. Pasalnya, Swiss punya senjata mematikan dari serangan balik cepat lewat Xherdan Shaqiri dan Fabian Frei. 

Kecepatan para pemain lini serang Swiss ini bisa jadi bencana buat sendi belakang Portugal yang dikomandoi pemain gaek, Pepe. Namun, andai Santos bisa memastikan bahwa para pemainnya bisa menyokong Ronaldo, situasinya bakal lebih menenangkan buat Portugal. 

Ronaldo sudah pasti bakal mendapatkan perhatian khusus dari para pemain Swiss. Namun, Ronaldo sudah sering membuktikan pengawalan ketat terhadapnya akan sia-sia. Justru ini akan membuat banyak celah di pertahanan Swiss. 

Sangat mungkin Portugal melesakkan gol sebelum babak I mencapai menit 20. Namun, pada akhirnya Portugal cuma akan sanggup menang dengan margin keunggulan tipis.

(CS/Indra)

Klasemen
# Team PTS
1 Barcelona 22
2 Valencia 18
3 Real Madrid 17
4 Atletico Madrid 16
5 Sevilla 16
Lihat Selengkapnya
Jadwal TV
23 Oktober 2017 18:30
Mitra Kutai Kartanegara
VS
Borneo FC
23 Oktober 2017 2:00
Olympique de Marseille
VS
Paris Saint Germain
23 Oktober 2017 1:45
REAL MADRID
VS
Eibar
22 Oktober 2017 22:00
Tottenham Hotspur
VS
Liverpool
22 Oktober 2017 21:15
Celta de Vigo
VS
Atletico Madrid
Lihat Selengkapnya