PRE Kualifikasi PD 2018: Belanda vs Swedia
Indra Kurniawan | Selasa, 10 Oktober 2017 | 05:16 WIB

Cekskor.com - Grup A menyajikan dua laga krusial pada matchday 10 atau pamungkas di Kualifikasi Piala Dunia Rusia 2018, Selasa (10/10) atau Rabu (11/10) dinihari WIB. Prancis harus memastikan kemenangan demi memastikan diri menjadi juara grup yang diganjar tiket otomatis ke Rusia. 

Kendati memuncaki klasemen, Prancis hanya surplus satu angka dari Swedia di posisi kedua klasemen. 

Namun, mendapuk tiga poin mungkin bukan tugas berat buat pasukan Didier Deschamps. Pasalnya, Kylian Mbappe dan kawan-kawan hanya menjamu Belarusia di Stade de France, Saint-Denis. 

Meski pada pertemuan pertama di Borisov Arena, 6 September 2016, Belarusia sanggup menahan Prancis tanpa gol, kali ini sangat mungkin itu tak akan terjadi. Les Bleus bahkan berpotensi membantai Belarusia yang sudah tereliminasi. 

Duel lebih sengit bakal terjadi di Amsterdam Arena. Belanda menjamu Swedia dalam sebuah partai hidup dan mati buat kedua tim. 

Swedia sesungguhnya cuma butuh hasil imbang demi memastikan posisi runner-up grup dan tiket playoff. Awak Janne Anderson unggul tiga angka dari Belanda racikan Dick Advocaat. Yang sedikit mengkhawatirkan bagi kubu Swedia adalah mereka hanya unggul tipis dari hitungan selisih gol. Swedia memiliki selisih gol +19 (26 memasukkan-7 kemasukan). Belanda punya selisih gol +7 (19 memasukkan-12 kemasukan). 

Dari sini bisa dilihat bahwa pada dasarnya tugas Belanda sangat berat. Tim Oranje wajib mencetak banyak gol demi mengatasi defisit selisih gol dari Swedia. Belanda bakal lolos ke Rusia andai menang 7-0 atau lebih atau dengan margin keunggulan tak boleh kurang dari enam gol. 

Pada pertemuan pertama di Swedia, Belanda tertahan 1-1. Marcus Berg membawa Swedia memimpin 1-0 pada menit 43 sebelum disamakan oleh Wesley Sneijder pada menit 67. 

Sayangnya, Sneijder tak bisa bertanding kali ini lantaran cedera. Begitu juga Quincy Promes dan Robin van Persie. Tak pelak, ini menjadi pukulan telak buat Belanda. 

PRAKIRAAN PEMAIN 

BELANDA (4-2-4): Cillessen; Janmaat, Van Dijk, Rekik, Depay; Propper, Wijnaldum; Robben, Janssen, Dost, Babel

SWEDIA (4-4-2): Olsen; Krafth, Lindelof, Granqvist, Augustinsson; Johansson, Larson, Claesson, Forsberg; Berg, Toivonen

PREDIKSI

BELANDA 55-45 SWEDIA

Dengan kewajiban mencetak minimal tujuh gol, Belanda harus bermain terbuka. Tak mustahil Advocaat bakal mengerahkan langsung empat penyerang di formasi 4-2-4.

Namun, ini justru rentan terhadap serangan balik dari Swedia. Jadi, Advocaat harus pintar-pintar menyusun skema permainan agar terjadi keseimbangan di tiap lini Belanda. 

Peran Arjen Robben sebagai kapten sekaligus playmaker bakal sangat krusial. Boleh jadi Andersson bakal memberikan perhatian khusus terhadap pemain sayap Bayern Muenchen tersebut. Andersson sangat mungkin mempertahankan pola konvesional 4-4-2 yang telah diusungnya selama ini. Terlalu berisiko untuk mengubahnya dengan pakem yang terlalu defensif. 

Dengan bermain ofensif dan terbuka, Belanda berpotensi menang. Namun, kecil kemungkinan Robben dan kawan-kawan bisa mencetak banyak gol. Jadi, meski menang, Belanda tetap akan tereliminasi.

(CS/Indra)

Berita Terkini
Rivaldi Yakin Bela Timnas Lewat Arema FC
LIGA 1

Rivaldi Yakin Bela Timnas Lewat Arema FC

Senin, 11 Desember 2017 | 08:31 WIB
Valverde: Kartu Merah Raba Sudah Tepat
SPANYOL

Valverde: Kartu Merah Raba Sudah Tepat

Senin, 11 Desember 2017 | 08:31 WIB
Klasemen
# Team PTS
1 Barcelona 39
2 Valencia 34
3 Atletico Madrid 33
4 Real Madrid 31
5 Sevilla 28
Lihat Selengkapnya
Jadwal TV
11 Desember 2017 3:00
Olympique de Marseille
VS
Saint Etienne
11 Desember 2017 2:45
Villarreal
VS
Barcelona
11 Desember 2017 0:30
Levante
VS
Athletic Bilbao
10 Desember 2017 23:00
Nantes
VS
OGC Nice
10 Desember 2017 23:00
Manchester United
VS
Manchester City
Lihat Selengkapnya