Piala Dunia U-17 akan Ubah Wajah Sepakbola India
| Kamis, 7 September 2017 | 17:24 WIB

Cekskor.com -- Sebulan lagi Piala Dunia U-17 akan digelar di India, namun pesepakbola legendaris Bhaichung Bhutia merasa demamnya sudah terasa. Terbukti beberapa akademi dan SSB bermunculan di negeri itu.

Bhutia, mantan kapten tim nasional India yang mengundurkan diri pada 2011 setelah menyandang caps lebih dari 100, sepakat bahwa Piala Dunia U-17 di India, 6-28 Oktober, akan mengubah wajah sepakbola India.

“Turnamen bergengsi ini akan membantu perkembangan profil persepakbolaan India. Jika pemain India sendiri tampil bagus, maka para pemain lain akan melakukannya lebih baik lagi nantinya,” kata Bhutia, yang mengenakan kostum Timnas India sejak 1995 hingga 2011.

Bhutia, yang poster dan foto-fotonya jadi buruan penggemar sepakbola India hampir satu dekade, menambahkan, Piala Dunia U-17 juga membuat infrastruktur sdepakbola berkembang.

“Dari sisi organisasi penyelenggaraan, saya lihat Piala Dunia juga akan berjalan sukses.,” tambah Bhutia yang pernah duduk sebagai Ketua Komisi Teknik Federasi Sepakbola Seluruh India (AIFF).

“Ada perkembangan besar dari sisi infratstruktur di akar rumput. Lebih dari 100 akademi sepakbola terdaftar di AIFF. Lebih dari 50 klub terdaftar di Liga U-19 AIFF. Ini semua berkat Piala Dunia U-17,” kata Bhutia lagi yang di masa jayanya dikenal dengan sebutan Sikkimese Sniper karena gol-golnya yang tak terduga.

Di Piala Dunia U-17, India berada di Grup A bersama AS, Ghana, dan Kolombia.

Dari sisi peluang India, Bhutia menyebut berat bagi para pemain negerinya bersaing. “Tapi tak ada yang tak mungkin. Yang penting mereka bermain terbaik dan hasilnya tidak akan ada yang tahu.” (CS/Rey)

Klasemen
Jadwal TV