Ini 5 Kejutan di Kualifikasi Piala Dunia
Rey | Kamis, 12 Oktober 2017 | 16:07 WIB

Cekskor.com -- Sudah 23 tim, termasuk Rusia sebagai tuan rumah, memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2018. Sedikitnya lima kejutan terjadi di babak kualifikasi yang memasuki pertandingan-pertandingan sangat menentukan.

 


Lionel Messi cetak hattrick ke-44.  Foto: REUTERS

Argentina Nyaris Gagal Lolos Otomatis
Argentina, juara 1978 dan 1986, harus berjuang susah payah untuk bisa lolos otomatis. Mengumpulkan 25 poin sebelum pertandingan terakhir Zona CONMEBOL melawan Ekuador, Argentina akan berada di luar 4 Besar jika gagal menang di kandang lawan.

Namun, kejutan terjadi. Lionel Messi mencetak hattrick untuk menang 3-1 atas Ekuador dan lolos sebagai peringkat ketiga dengan 28 poin. Ini jadi hattrick ke-44 Messi sepanjang kariernya. “Messi tidak berutang Piala Dunia buat Argentina, tapi Piala Dunia yang berutang kepadanya,” kata Jorge Sampaoli, pelatih Argentina.


Arjen Robben mundur. Foto: REUTERS

Belanda Tak Termasuk 32 Tim yang Lolos
Ketika Argentina merayakan sukses timnya lolos ke Piala Dunia Rusia 2018, Belanda dibuat sedih oleh pernyataan Arjen Robben yang mundur dari Timnas Belanda setelah timnya gagal lolos.

Belanda mencatat rekor paling banyak tampil di Piala Dunia dari tanah Eropa namun belum pernah jadi juara (kalah dari Jerman pada 1974 dan Argentina pada 1978 serta terakhir dari Spanyol pada 2010.)

Pada pertandingan terakhir di Grup A Zona Eropa, Belanda harus puas di posisi ketiga meskipun menang 2-0 atas Swedia. Swedia yang unggul agregat gol, masih berpeluang lolos melalui playoff. Prancis lolos sebagai juara grup, dan Belanda terpental.


Senyum bahagia Islandia.  Foto: REUTERS

Islandia Lolos Sebagai Negara Terkecil
Lolosnya Islandia memang jadi kejutan. Islandia lolos otomatis dari Grup I dengan 7 kali menang dan 1 kali seri serta 2 kali kalah (22 poin), memaksa Kroasia berjuang di babak kedua kualifikasi Zona Eropa.

Islandia memastikan langkah setelah menang 2-0 atas Kosovo, 9 Oktober 2017.

Kejutan karena Islandia hanyalah sebuah negara kecil dengan populasi penduduk hanya 350 ribu orang. Islandia pun jadi negara terkecil sepanjang sejarah yang bisa lolos.

Sebelumnya, negara terkecil yang mampu lolos adalah Trinidad & Tobago pada 2006. Penduduknya saat itu 1,3 juta jiwa. Islandia kini kurang lebih sepertiganya Trinidad & Tobago.

Uniknya lagi, Islandia dilatih Heimir Hallgrímsson, orang yang juga bekerja part timer sebagai dokter gigi (dentist)


Panama ikut lakukan debut Piala Dunia 2018. Foto: REUTERS

Panama Lolos di Tengah Kritik
Seperti juga Islandia, Panama kali pertama lolos ke Piala Dunia setelah terakhir menang 2-1 atas Costa Rica melalui gol duo Torres –Gabriel Torres dan Roman Torres.

Terjadi kontroversi karena sundulan Gabriel pada gol pertama Panama bola sebenanya belum benar-benar masuk gawang Costa Rica, tapi wasit  Walter López Castellanos (Guatemala) mengesahkannya. Keputusan itu pun mengundang kritik.

Apapun kata orang, Panama tak bisa dipersalahkan dan dengan poin 13 mereka duduk di posisi ketiga Zona CONCACAF yang artinya lolos otomatis. Untungnya, meskipun kalah, Costa Rica tetap lolos (posisi kedua, 16 poin). Jika hasilnya imbang, Panama tentu takkan lolos seperti AS yang gagal lolos dengan 12 poin.

Honduras yang sama mengemas 13 poin namun kalah gol, terpaksa bermain di babak playoff.

Panama sendiri merayakan keberhasilan itu dengan pengumuman hari libur nasional sehari kemudian sesuai deklarasi Presiden Panama, Juan Carlos Varela.

Fans Amerika Serikat cuma bisa bersedih.

Amerika Serikat Gigit Jari
Lolosnya Panama memang terpaksa membuat Amerika Serikat gigit jari.

Menang 4-0 atas Panama (6 Oktober), AS sudah menatap Rusia 2018. Tapi, sialnya, di pertandingan terakhir, mereka kalah 1-2 dari Trinidad & Tobago (10 Oktober) sehingga poin mereka tetap 12. Padahal, hasil imbang saja bisa membawa mereka ke Rusia 2018.

Ini kali pertama sejak 1986 AS gagal ke Piala Dunia. (CS/Rey)

Klasemen
# Team PTS
1 Barcelona 22
2 Valencia 18
3 Real Madrid 17
4 Atletico Madrid 16
5 Sevilla 16
Lihat Selengkapnya
Jadwal TV
23 Oktober 2017 18:30
Mitra Kutai Kartanegara
VS
Borneo FC
23 Oktober 2017 2:00
Olympique de Marseille
VS
Paris Saint Germain
23 Oktober 2017 1:45
REAL MADRID
VS
Eibar
22 Oktober 2017 22:00
Tottenham Hotspur
VS
Liverpool
22 Oktober 2017 21:15
Celta de Vigo
VS
Atletico Madrid
Lihat Selengkapnya