FIFA Tinjau Ulang Sistem Ranking Dunia
Indra Kurniawan | Rabu, 6 September 2017 | 19:32 WIB

Cekskor.com - FIFA menuai kritik keras dari sejumlah negara anggotanya. Pemicunya adalah sistem ranking dunia yang rumornya bisa diutak-utik oleh beberapa oknum negara. Tujuannya demi mendongkrak posisi unggulan mereka dalam sejumlah turnamen dalam naungan FIFA.

FIFA pun merespons dengan menegaskan bahwa mereka akan meninjau ulang sistem ranking mereka. Namun, ini baru bisa dilakukan setelah Kualifikasi Piala Dunia Rusia 2018 selesai digelar. 

"FIFA tengah meninjau ulang sistem ranking Piala Dunia FIFA dan akan mengambil sebuah keputusan setelah Kualifikasi Piala Dunia selesai, jika ada perubahan dibuat untuk meningkatkan sistem ranking tersebut," jelas seorang juru bicara FIFA. 

Sistem pemeringkatan FIFA didasarkan pada periode empat tahun berjalan dan akan digunakan untuk menentukan unggulan pada putaran final Piala Dunia 2018 dengan tujuh negara top, plus tuan rumah Rusia, akan diberikan unggulan dalam undian pada Desember.

Inggris termasuk negara yang rumornya dirugikan dengan sistem ranking sekarang. Inggris tampil apik di laga-laga persahabatan. Ironisnya, ini tak membantu posisi peringkat karena tiap kemenangan hanya dihargai 40% dari poin yang didapat tim dari sebuah kemenangan di sebuah partai kualifikasi untuk sebuah turnamen. Hasilnya, dengan bermain di laga persahabatan, sekalipun menang, malah menurunkan poin ranking rata-rata tim yang bersangkutan. 

Efeknya, federasi sebuah negara bisa meningkatkan posisi peringkat mereka dengan menghindari memainkan laga-laga persahabatan dalam periode hingga penentuan unggulan dilakukan. Itu terbukti dengan adanya Swiss dan Polandia di peringkat keempat dan kelima dalam ranking dunia saat ini. Padahal, kedua tim ini hanya memainkan satu laga persahabatan dalam 12 bulan terakhir -- sedangkan Inggris ada di peringkat ke-13 dunia meski memainkan tiga partai persahabatan dengan hasil satu hasil imbang dan dua kekalahan.

Beruntung, Inggris gagal menang di tiga partai persahabatan itu. Sebab, jika itu yang terjadi, posisi pasukan Gareth Southgate bakal lebih rendah daripada bila mereka sama sekali tak memainkan laga-laga persahabatan. 

Andai Inggris tak memainkan tiga laga persahabatan tersebut, mereka mungkin kini di peringkat ketujuh dan berpeluang masuk dalam tim unggulan Piala Dunia. 

FA -federasi sepakbola Inggris- dituding bersalah karena tak jeli melihat keanehen dalam sistem ranking FIFA di saat banyak negara lain sudah menyadarinya. FA semestinya merancang laga-laga persahabatan setelah penentuan unggulan dilakukan, bukan sebelumnya, seperti yang dilakukan sejumlah rival mereka. 

Namun, FA juga dituduh sengaja melakukan hal tersebut demi mereguk finansial yang lebih besar. Partai-partai yang melibatkan timnas Inggris sudah pasti menjadi nilai komersial tinggi yang berujung pada pemasukan buat FA. Ini laga persahabatan diyakini lebih penting buat FA daripada status unggulan di turnamen FIFA, termasuk Piala Dunia.

(CS/Indra)

ff
Klasemen
# Team PTS
1 Barcelona 34
2 Valencia 30
3 Real Madrid 24
4 Atletico Madrid 24
5 Sevilla 22
Lihat Selengkapnya
Jadwal TV
24 November 2017 3:05
Everton
VS
Atalanta
24 November 2017 3:05
A.C. Milan
VS
Austria Wien
24 November 2017 1:00
FC Koln
VS
ARSENAL
23 November 2017 2:45
Paris Saint Germain
VS
Celtic
23 November 2017 2:45
Juventus
VS
Barcelona
Lihat Selengkapnya