Akhirnya WBO Mau Evaluasi Hasil Duel Pacquiao-Horn
Redaksi Cekskor | Jumat, 7 Juli 2017 | 11:39 WIB

Cekskor.com -- Setelah mendapat berbagai tekanan dan desakan, World Boxing Organization (WBO) mau mengevaluasi hasil pertandingan yang berbau kontroversial antara Manny Pacquiao dan Jeff Horn di Suncorp Stadium, Brisbane, Australia, Minggu (2/7). Padahal, sebelumnya WBO bersikeras untuk evaluasi dengan alasan tak ada kecurangan dan pelanggaran.

Demi menjaga integritasnya, Presiden WBO Francisco Valcarcel akhirnya memutuskan untuk evaluasi. Namun, ia tegaskan, apapun hasilnya dalam evaluasi itu, WBO takkan membatalkan keputusan yang telah dilakukan: Horn tetap sebagai pemenang.

"Kami akan menunjuk lima (5) orang hakim yang kompeten dari berbagai negara untuk menyaksikan pertarungan tanpa gangguan suara. Kemudian, kami akan menabulasikan hasilnya untuk memastikan dengan jelas ronde mana yang masing-masing petinju dimenangkan dengan menggunakan skala rata-rata berdasarkan 60, 80 dan 100 persen. Ini berarti 3 dari 5 hakim harus setuju untuk menentukan petinju mana yang memenangkan ronde tersebut," jelas Valcalcer.

"Tujuan evaluasi ini adalah untuk memberi kepastian para penggemar siapa pemenang pertarungan tersebut. Namun, kami tidak memiliki kekuatan untuk membalikkan keputusan hakim. Dalam hal ini, kami akan lakukan rematch dan memang ada klausul pertandingan ulang di kontrak mereka," tandas Valcarcel.

WBO pernah melakukan evaluasi hasil duel Manny Pacquiao vs Timothy Bradley I yang dimenangkan dengan angka secara kontroversial oleh Bradley. Dalam evaluasi, ternyata 5 hakim netral dari berbagai negara yang melakukan evaluasi, semuanya memenangkan Pacquiao. Meski begitu, keputusan para hakim dalam pertandingan tak bisa dibatalkan. Lalu, WBO perintahkan Pacquiao dan Bradley berduel ulang, dan hasilnya Pacquiao menang angka mutlak. (CS/Martinez)

Klasemen
# Team PTS
1 Barcelona 22
2 Valencia 18
3 Real Madrid 17
4 Atletico Madrid 16
5 Sevilla 16
Lihat Selengkapnya
Jadwal TV
23 Oktober 2017 18:30
Mitra Kutai Kartanegara
VS
Borneo FC
23 Oktober 2017 2:00
Olympique de Marseille
VS
Paris Saint Germain
23 Oktober 2017 1:45
REAL MADRID
VS
Eibar
22 Oktober 2017 22:00
Tottenham Hotspur
VS
Liverpool
22 Oktober 2017 21:15
Celta de Vigo
VS
Atletico Madrid
Lihat Selengkapnya