Ini 6 Fakta Seputar Ballon d'Or yang Tak Banyak Anda Ketahui
Rizal | Kamis, 7 Desember 2017 | 20:39 WIB

Cekskor.com – Cristiano Ronaldo diyakini bakal memenangi Ballon d’Or 2017 dan ini akan jadi trofi kelima yang dimenangi bintang Real Madrid itu, menyamai rekor rival abadinya, Lionel Messi.

Majalah Prancis, France Football, memberikan trofi ini sejak 1956 dan mencapai periode paling meriah pada dekade 1990-an di mana keluar 10 pemenang berbeda. Tapi, sejak Ricardo Kaka meraihnya pada 2007, hanya Ronaldo dan Messi yang silih berganti memenangi gelar itu.

Berikut ini tujuh enam lain seputar Ballon d’Or yang tak banyak diketahui:

Pemain Non-Eropa Pertama
Pada 1995, France Football mengubah aturan dan membolehkan pemain dari luar Eropa ikut bersaing. Striker asal Liberia, George Weah, menjadi pemain pertama yang memenangi setelah tampil impresif bersama Paris Saint Germain dan AC Milan.

Pemenang dari Klub Inggris (MU, Liverpool, dan Blackpool)
Sir Stanley Matthews adalah pemenang pertama. Denis Law adalah pemain Inggris berikutnya yang meraih gelar itu. Diikuti Sir Bobby Charlton, George Best, Allan Simonsen, dan Kevin Keegan. Klub Inggris kemudian harus menunggu hingga 2001 saat Michael Owen meraihnya dan pada 2008, Ronaldo meraih Ballon d’Or pertamanya saat bermain bersama MU.

Klub Tersukses
Barcelona adalah tim tersukses. Bukan hanya berkat lima Ballon d’Or yang dimenangi Messi, tapi juga oleh beberapa pemain lainnya. Luis Suarez adalah pemain Barcelona pertama yang meraih gelar ini pada 1960. Johan Cruyff dua kali meraihnya sebagai pemain Barcelona, lalu ada Hristo Stoichkov pada 1994, Rivaldo pada 1999, dan Ronaldinho.

Negara Tersukses
Jerman dan Belanda adalah negara yang pemainnya paling banyak meraih Ballon d’Or. Di kubu Belanda, Cruyff dan Marco van Basten, masing-masing tiga kali meraihnya sementara Ruud Gullit merebutnya pada 1987. Di Jerman, Franz Beckenbauer dan Karl-Heinz Rummenigge, dua kali memenanginya. Gerd Mueller, Lothar Matthaus, dan Mattias Sammer juga pernah meraihnya.

Messi adalah satu-satunya pemain Argentina yang pernah meraih gelar itu sementara Portugal diwakili oleh Ronaldo, Eusebio, da Luis Figo. Pemain Prancis juga dominan dengan enam kali meraihnya. Michel Platini tiga kali menang. Raymond Kopa, Jean-Pierre Papin, dan Zinedine Zidane juga pernah meraihnya.

Juara dari Pertahanan
Legenda Uni Soviet, Lev Yashin, adalah satu-satunya kiper yang pernah memenangi  Ballon d’or pada 1963. Selain itu, hanya empat bek yang pernah meraih gelar ini. Tiga di antaranya dari Jerman, Beckenbauer, Matthaus, dan Sammer. Yang terakhir adalah bek Italia, Fabio Cannavaro, yang memenanginya pada 2006.

Dominasi Mutlak
Dalam tiga kesempatan, tiga pemain dari klub yang sama finis di posisi tiga teratas. Pada 1988, Van Basten mengungguli dua rekannya di Milan, Gullit dan Frank Rijkaard. Setahun kemudian ia mengungguli Franco Baresi dan Rijkaard. Sejak 2007, Ronaldo selalu masuk tiga besar kecuali pada 2010. Saat itu tiga pemain Barcelona menguasai podium, Messi, Andres Iniesta, dan Xavi Hernandez. (CS/Rizal)

Klasemen
# Team PTS
1 Barcelona 39
2 Valencia 34
3 Atletico Madrid 33
4 Real Madrid 31
5 Sevilla 28
Lihat Selengkapnya
Jadwal TV
18 Desember 2017 2:45
Barcelona
VS
Deportivo de La Coruna
17 Desember 2017 23:30
Bournemouth
VS
Liverpool
17 Desember 2017 22:15
Celta de Vigo
VS
Villarreal
17 Desember 2017 21:15
West Bromwich Albion
VS
Manchester United
17 Desember 2017 2:45
Atletico Madrid
VS
Deportivo Alaves
Lihat Selengkapnya