Barcelona Mulai Kehilangan Filosofi
Indra Kurniawan | Rabu, 6 Desember 2017 | 10:31 WIB

Cekskor.com - Barcelona racikan Ernesto Valverde membuktikan kepergian Neymar ke Paris Saint-Germain (PSG) tak berpengaruh banyak terhadap level kualitas permainan mereka. Lionel Messi dan Ivan Rakitic bahkan mengklaim tanpa striker Brasil itu, Barca lebih memiliki keseimbangan dalam menyerang dan bertahan.

Ini menjadi kunci belum terkalahkannya Barca sejauh ini di 2017/2018. Klub Catalunya ini memuncaki klasemen La Liga, lolos ke babak 16 besar Champions League sebagai juara Grup D, dan melaju ke perdelapan final Copa del Rey. 

Namun, di mata Jeffren Suarez, ada yang hilang dari Barca. Mantan striker Los Blaugrana itu mengklaim bahwa Barca mulai kehilangan filosofi yang membuat mereka sehebat sekarang. Filosofi yang dimaksud Jeffren adalah Barca tak lagi berkomitmen untuk mempromosikan para pemain homegrown atau didikan di La Masia. 

Jeffren sendiri jebolan La Masia dan melakukan debut di tim inti Bara di usia 18 tahun pada 2006. Striker Venezuela ini bertahan di Nou Camp hingga 2011 sebelum pindah ke klub Portugal, Sporting Libsbon, demi mendapatkan menit bermain secara reguler.

Sekarang pemain berusia 29 tahun ini menikmasi permainannya di klub Swiss, Grasshoppers. Namun, ia tak pernah menyesali keputusannya pergi dari Barca enam tahun lalu.

"Kita semua tahu bahwa meninggalkan Barcelona adalah sebuah perubahan radikal. Ini seperti kembali ke kenyataan," kata Jeffren kepada Marca.

"Pada awalnya, ini tak mudah, tapi seseorang harus mengubahnya. Barcelona adalah tim top dan tim-tim lainnya adalah bagus. Namun, mereka tak akan pernah menjadi Barcelona.

"Belakangan filosofi (mempromosikan pemain muda ke tim inti) mulai hilang. Saya rasa bahwa mayoritas tim melakukan perekrutan dan Barcelona harus melakukan itu juga.

"Ini disayangkan karena kita tahu Barcelona selalu mengambil pemain dari akademinya dan saya rasa itu sebabnya ada pemain-pemain yang memutuskan untuk meneruskan karier mereka di tempat lain. Mereka sekarang lebih beruntung di luar.

"Karena tim ini melihat bahwa tim-tim besar merekrut pemain dari semua bagian dunia, mereka rasa bahwa mereka ingin berada di level yang sama, mereka harus merekrut. Namun, saya rasa mereka tak harus melakukannya. Kembali ke filosofi akademi akan lebih baik."

(CS/Indra)

Berita Terkini
Syaiful dan Zaenuri Dipulangkan Dari PGK
NASIONAL

Syaiful dan Zaenuri Dipulangkan Dari PGK

Senin, 26 Februari 2018 | 10:04 WIB
Mane Sumbar Curi Posisi Runner-up
INGGRIS

Mane Sumbar Curi Posisi Runner-up

Senin, 26 Februari 2018 | 10:00 WIB
Klasemen
# Team PTS
1 Barcelona 51
2 Atletico Madrid 42
3 Valencia 40
4 Real Madrid 32
5 Villarreal 31
Lihat Selengkapnya
Jadwal TV
28 Februari 2018 3:00
Girona
VS
Celta de Vigo
28 Februari 2018 2:00
ESPANYOL
VS
REAL MADRID
27 Februari 2018 2:00
Levante
VS
Real Betis
27 Februari 2018 3:00
Crystal Palace
VS
Tottenham Hotspur
26 Februari 2018 2:45
Sevilla
VS
Atletico Madrid
Lihat Selengkapnya