Atletico Pakai Komposisi Bek Berbeda di 7 Partai La Liga
| Selasa, 10 Oktober 2017 | 19:58 WIB

Cekskor.com - Sejak membesuta Atletico Madrid pada Desember 2011, Diego Simeone selalu mendasari permainannya timnya dari lini belakang. Jadi, tak aneh melihat empat pemain bertahan yang sama di banyak pertandingan Los Colchoneros. 

Dalam dua musim terakhir, Atletico tercatat sebagai tim dengan jumlah kemasukan paling sedikit di La Liga. Solid dan kukuhnya pertahanan Los Colchoneros bahkan diakui juga di level Eropa. 

Namun, Marca menganalisis bahwa Simeone melakukan sesuatu yang berbeda musim ini. Bukan dengan efek negatif, tapi juga memberikan dampak positif, yakni pertahanan berstandar tinggi. Baru empat gol masuk ke gawang Atletico di La Liga 2017/2018. 

Simeone kerap melakukan rotasi di antara pemain belakangnya. Ini demi mengatasi jadwal padat dan kondisi cedera yang membekap para pemain di lini belakang. 

Hebatnya, Simeone melakukan hal itu juga dengan skenario untuk memuluskan transisi dari generasi veteran ke generasi yang lebih muda. Simeone tak pernah mengerahkan komposisi empat bek yang sama di tujuh jornadas pertama La Liga musim ini. 

Ini kontras dengan kombinasi baku -Juanfran, Stefan Savic, Diego Godin, Filipe Luis- di empat dari tujuh jornadas pertama musim lalu. 

Selain karena ingin merotasi, Simeone sesungguhnya juga dihadapkan pada situasi di mana para pemain belakangnya cedera di awal musim. Pada partai pembuka La Liga 2017/2018 melawan Girona, Atletico tanpa Luis, karena cedera, dan Godin, lantaran skorsing yang ditanggungnya sejak musim lalu. 

Simeone pun mempercayakan posisi bek tengah kepada Jose Gimenez dan Savic dengan Lucas Hernandez dan Juanfran sebagai bek kiri dan kanan. Di luar dugaan, Atletico kebobolan dua kali. 

Simeone pun memutuskan mengubah komposisi pertahanan untuk Las Palmas pada jornada 2. Juanfran dan Savic tak dimainkan. Simeone memilih Sime Vrsaljko dan Godin, dengan bek Uruguay ini melakukan penampilan pertamanya musim ini.

Di Valencia, Atletico mencatat clean sheet dengan empat bek, Juanfran, Savic, Lucas, dan Luis. Kuartet yang sama, minus Savic yang digantikan oleh Godin, dipakai di partai pertama Atletico di Wanda Metropolitano. Vrsaljko juga absen akibat cedera engkel dari partai kontra Malaga tersebut. 

Pada partai berikutnya melawan Athletic Bilbao di San Mames, Gimenez menjalani debut sebagai bek kanan yang menghasilkan lineup pertahanan berbeda lagi. 

Bentrok Sevilla, Simeone mengerahkan komposisi empat bek: Vrsaljko, Savic, Lucas, Luis. Namun, Simeone tak bisa menggunakan komposisi itu lagi karena Luis dan Lucas menderita cedera otot. 

Tanpa pilihan utama di bek kiri (Luis) dan ketiadaan back-up, Simeone berimprovisasi dengan menslot Saul Niguez di bek kiri.  

(CS/Indra)

Klasemen
# Team PTS
1 Barcelona 22
2 Valencia 18
3 Real Madrid 17
4 Atletico Madrid 16
5 Sevilla 16
Lihat Selengkapnya
Jadwal TV
23 Oktober 2017 18:30
Mitra Kutai Kartanegara
VS
Borneo FC
23 Oktober 2017 2:00
Olympique de Marseille
VS
Paris Saint Germain
23 Oktober 2017 1:45
REAL MADRID
VS
Eibar
22 Oktober 2017 22:00
Tottenham Hotspur
VS
Liverpool
22 Oktober 2017 21:15
Celta de Vigo
VS
Atletico Madrid
Lihat Selengkapnya