UEFA Dukung Pemangkasan Durasi Bursa Transfer
Indra Kurniawan | Rabu, 6 September 2017 | 20:24 WIB

Cekskor.com - Premier League Inggris bakal membuat sebuah terobosan terkait bursa transfer musim panas. Ke-20 presiden klub Premier League akan melakukan voting dalam rapat para pemegang saham pada Kamis (7/9). 

Di situ akan diputuskan apakah bursa transfer musim panas Premier League akan ditutup sebelum musim baru dimulai dan beberapa pelatih telah menyuarakan dukungan mereka terhadap perubahan tersebut.

Tenggat waktu bursa transfer saat ini jatuh pada 31 Agustus tiap musimnya. Sedangkan, Premier League dimulai pada 11 Agustus. Perubahan yang diajukan tersebut membutuhkan 14 dari 20 suara agar bisa diberlakukan.

Ide dari pemangkasan durasi bursa transfer musim panas di Inggris muncul demi menghindari ketakpastian dan mencegah kehilangan pemain-pemain kunci setelah musim baru berjalan. 

Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, menyatakan sokongannya terhadap wacana dari Premier League tersebut. Cerefin bahkan tengah mempertimbangkan memberlakukan hal serupa dengan liga-liga di Eropa lainnya. 

"Saya sadar ada diskusi serius di Eropa terkait pemangkasan bursa transfer musim panas dan kami mengikut mereka dengan seksama," kata Cerefin kepada The Times. 

"Menurut saya, tak bagus ketika para pesepakbola bermain untuk satu klub ketika liga dimulai dan dengan klub lain ketika bursa transfer ditutup. Ada banyak ketakpastian sejak lama.

"Itu sebabnya, saya mengatakan bahwa bursa semestinya tak terlalu lama dan saya akan mendukung untuk memangkasnya."

Sejumlah pelatih di Premier League mengabaikan ketakutan bahwa sebuah perubahan akan membuat mereka rentan kehilangan pemain ke liga-liga Eropa lainnya, yang bursa transfernya tutup lebih lama. 

Football League, yang mengatur liga lebih rendah di sepakbola Inggris, bisa mengikuti langkah-langkah liga yang lebih tinggi, menurut chief executive Shaun Harvey.

"Satu hal yang anggota klub kami telah katakan adalah bahwa mereka ingin stabilitas terkait pemain yang tersedia bagi mereka sebelum musim dimulai," kata Harvey.

"Menutup bursa transfer sebelum musim dimulai selalu menguntungkan klub-klub kami. Masuk akal tanggal disejajarkan degnan Premier League dan konsekuensi-konsekuensi yang tak terduga harus dipikirkan secara matang. Ini akan menjadi agenda kami dalam pertemua klub pada 12 September."

(CS/Indra)

Berita Terkait
...
LAINNYA

Shenhua Pasang Badan untuk Tevez

Jumat, 22 September 2017 | 21:00 WIB
...
LAINNYA

Tevez Sebut Pemain Cina Kurang Ber-skill

Kamis, 21 September 2017 | 21:58 WIB
Klasemen
Jadwal TV