Korut Akan Produksi Pemain Lebih Hebat daripada Messi
Indra Kurniawan | Kamis, 16 November 2017 | 06:50 WIB

Cekskor.com - Korea Utara tak cuma berambisi menjadi yang terhebat di regional Asia, bahkan, dunia, dari sisi militer, tapi juga di bidang olahraga, terutama sepakbola. 

Negara tetangga Korea Selatan ini bertekad memproduksi banyak pemain yang memiliki skill melewati kehebatan Lionel Messi demi mendominasi sepakbola dunia. 

Usaha untuk mencapai ambisi tersebut sudah dirintis dengan membangun Pyongyang International Football Scholl pada 2013. Saat ini, Korut berada di peringkat 126 FIFA, dijepit oleh Armenia dan Etiopia. 

Masih ada jalan panjang sebelum Korut bisa bersaing dengan tiga raksasa Asia Timur saat ini, Jepang, Korsel, dan Cina. Namun, usaha dan komitmen Korut memiliki pemain-pemain hebat patut diapresiasi.

"Kami melatih murid-murid kami untuk menjadi pemain-pemain bertalenta super yang bisa melebihi skil para pemain seperi Messi," kata Ri Yu-Il pelatih di Pyongyang Academy. 

"Saat ini, saya rasa kami seharusnya mendominasi Asia dan, dalam waktu dekat, saya berharap bahwa kami akan mencapai dominasi global."

Korut pernah menunjukkan kehebatan mereka di sepakbola dunia. Pada 1966 ketika mereka mendepak Italia di babak 16 besar di Inggris. Kemudian pada 2010, Korut lolos ke putaran final di Afrika Selatan meski menderita kekalahan di tiga partai fase grup. 

Pelatih timnas Korut kelahiran Norwegia, Jorn Andersson, yakin memproduksi pemain-pemain yang melebihi kehebatan Messi mungin sedikit berlebihan. Namun, ia yakin perkembangan akan dibuat jika batasan-batasan yang diterapkan pemerintahan Korut sedikit dilonggarkan.

"Saya rasa mereka (Korut) bisa memproduksi seorang Messi, tapi saya rasa mereka bisa memproduksi pemain-pemain bagus di Asia," kata Andersson kepada AFP.

"Ada banyak pemain bertalenta, tapi mereka selalu harus tinggal di dalam negara. Mereka tak bisa keluar. Ketika mereka harus selalu bermain di dalam Korut, sulit untuk memproduksi pemain yang lebih bagus."

(CS/Indra)

Berita Terkini
Syaiful dan Zaenuri Dipulangkan Dari PGK
NASIONAL

Syaiful dan Zaenuri Dipulangkan Dari PGK

Senin, 26 Februari 2018 | 10:04 WIB
Mane Sumbar Curi Posisi Runner-up
INGGRIS

Mane Sumbar Curi Posisi Runner-up

Senin, 26 Februari 2018 | 10:00 WIB
Klasemen
# Team PTS
1 Barcelona 51
2 Atletico Madrid 42
3 Valencia 40
4 Real Madrid 32
5 Villarreal 31
Lihat Selengkapnya
Jadwal TV
28 Februari 2018 3:00
Girona
VS
Celta de Vigo
28 Februari 2018 2:00
ESPANYOL
VS
REAL MADRID
27 Februari 2018 2:00
Levante
VS
Real Betis
27 Februari 2018 3:00
Crystal Palace
VS
Tottenham Hotspur
26 Februari 2018 2:45
Sevilla
VS
Atletico Madrid
Lihat Selengkapnya