Fassone Akui Milan Membeli Penuh Risiko
Redaksi Cekskor | Minggu, 27 Agustus 2017 | 17:47 WIB

Cekskor.com - Pemilik AC Milan terancam bangkrut pada Oktober 2018. Ini diakui oleh CEO Milan, Marco Fassone. Namun, ia mengklaim bahwa I Rossoneri melakukan pembelian dengan memperhitungkan semua risiko. Kebangkrutan tahun depan hanya akan terjadi jika anggaran, rencana, dan rancangan untuk mengelola Milan tak berjalan sesuati proyeksi. 

Silvio Berluconi pernah berkuasa di di San Siro selama 30 tahun. Kekuasaan Berlusconi berakhir seiring dengan pengambilalihan Milan senilai 740 juta euro oleh pengusaha dari Cina, Yonhong Li, pada April setelah mengalami beberapa penundaan.

"Saya awalnya melihat proyek ini dengan sejumlah keraguan karena saya ingin memahami dengan pasti apa visi mereka dan mengapa mereka ingin membuat investasi sebesar itu," kata Fassone kepada The Observer.

"Penting bagi seya sebagai orang Eropa untuk memahami apa visi yang para pengusaha Cina miliki dibalik impian mereka. Setelah bulan demi bulan bekerja sama dengan mereka, saya mulai memahami visi mereka. Ini sebuah proyek yang sangat menarik."

Yonghong Li membangun sebuah perusahaan induk bernama Rossoneri Sport Investment yang berbasis di Luxembourg demi menuntaskan pembelian Milan, Rossoneri Sport Investment bahkan harus meminjam dana besar, ditengarai 300 juta euro, dari Elliott Managemen, sebuah hedge fun dari Amerika Serikat. 

Pembayaran pinjaman tersebut halus lunas pada Oktober 2018 dengan rasio bunga 11,5% dan 7,5%. Elliott Management adalah sebuah perusahaan yang bergerak di spesialisasi membeli utang dari perusahaan yang kesulitan atau bahkan negara yang kesulitan dana. 

"Kami sudah siap bekerja untuk mengembalikan dana tersebut dan kami sudah pasti akan melakukan ini sangat awal, mungkin pada awal 2018. Level bunga yang dibayarkan Milan sebesar 120 euro itu tinggi, tentu, tapi tak buruk," jelas Fassone. 

"Jika kita melihat utang di mana Inter Milan dan AS Roma terikat kontrak dengan Goldman Sachs ketika mereka membiayainya, yang sekitar 6,5%, tentu ini lebih tinggi, tapi ini bukan sesuatu yang mengerikan. Bagi orang-orang Cina, saat kita melihat bunga pinjaman dengan digit ganda, bagi mereka itu sangat normal.

"Dalam skenario terburuk, karena banyaknya fans dan pemegang saham telah menanyakan saya soal ini, itu berarti bahwa pada Oktober tahun depan, para pemilik Milan akan menjadi Elliott (hedge fund: dana yang dikumpulkan dari berbagai nasabah yang biasanya berasal dari lapisan atas, dikelola secara privat oleh fund manager). 

"Ini benar-benar kasus terburuk, tapi, hanya demi memastikan, masa depan klub ini tak berada dalam kabut. Tidak, 99% kami akan lanjut bersama Tuan Li dan kami berharap proyek kami akan sukses. 

"Namun, dalam kasus terburuk, santai saja karena Elliott tak putus asa -- ini adalah salah satu hedge funs terbesar di dunia yang bisa menjaga klub atau menjualnya kembali. Mereka mungkin hanya bersedia membayar 300 juta euro, yang merupakan harga yang sangat rendah, dan mereka bisa melakukan bisnis, yang merupakan pekerjaan mereka."

(CS/Indra)

Berita Terkait
...
ITALIA

Spalletti Dukung Ancelotti Latih Italia

Minggu, 19 November 2017 | 11:39 WIB
...
ITALIA

Ranieri Pertimbangkan Latih Italia

Minggu, 19 November 2017 | 06:16 WIB
ff
Klasemen
# Team PTS
1 Barcelona 34
2 Valencia 27
3 Real Madrid 24
4 Atletico Madrid 24
5 Sevilla 22
Lihat Selengkapnya
Jadwal TV
21 November 2017 3:00
Eibar
VS
Real Betis
21 November 2017 3:00
Brighton & Hove Albion
VS
Stoke City
20 November 2017 2:45
Athletic Bilbao
VS
Villarreal
20 November 2017 0:30
Las Palmas
VS
Levante
19 November 2017 23:00
Watford
VS
West Ham United
Lihat Selengkapnya