Wasit Ini Tinggalkan EPL karena Mourinho
Indra Kurniawan | Rabu, 6 Desember 2017 | 11:01 WIB

Cekskor.com - Menjadi wasit di sebuah liga besar dan kompetitif seperti Premier League jelas bukan sebuah pekerjaan gampang. Marc Clattenburg merasakan betul pahitnya menjadi pengadil di lapangan di kasta tertinggi Liga Inggris tersebut.

Clattenburg bahkan sampai memutuskan meninggalkan Premier League pada akhir musim lalu. Ia kini menjadi ketua wasit di Federasi Sepakbola Arab Saudi. Keputusan untuk mundurnya diambil setelah ia memimpin partai Manchester United versus Stoke City yang berakhir 1-1 di Stoke. 

Di partai itu, Wayne Rooney mematahkan rekor gol sepanjang masa Sir Bobby Charlton untuk Man United. Namun, di partai itu juga, Clattenburg merasakan beratnya menjadi wasit. Mourinho mendatang ruang ganti wasit dan menyatakan ketakpuasannya terhadap kepemimpinan Clattenburg. Terutama karena sang wasit tak memberikan hadiah penalti kepada Man United dari sebuah handball pemain Stoke. 

Dalam perjalanan pulang dari stadion Stoke itu, Clattenburg memutuskan untuk mundur dari posisinya sebagai wasit Premier League. Namun, ia baru mempublikasikannya pada Februari.

"Saya menjadi awsit pertandingan ketika Rooney mematahkan rekor Charlton dan Mourinho datang ke ruang ganti saya dan ia tak senang tentang sebuah handball yang saya tak berikan," kata Clattenburg. 

"Saya akan keluar dari lapangan di Stoke, yang selalu menjadi stadion terdingin, selalu basah dan menyulitkan, dan menjadi wasit Man United tak pernah mudah.

"Setelah pertandingan it, terasa hebat bahwa saya sesungguhnya memberikan penampilan bagus, dan bagi Mourinho datang ke ruang ganti saya dan mengkritik performa saya atas sebuah handball yang saya lihat, itu benar-benar membuat saya marah, saya tahu itu memang benar, tapi ia menanam sebuah keraguan di otak saya.

"Saya berkendara pulang sejauh 250 mil sambil berpikir saya telah membuat sebuah kesalahan, istri saya tahu sikap saya telah berubah, dan saya memikirkan diri sendiri, 'Apakah saya benar-benar ingin menjadi bagian dari ini lagi? Apakah saya benar-benar ingin menjadi wasit?'

"Dan, saya menginstrospeksi diri, saya tak menikmatinya lagi seperti dulu dan saya harus pergi."

(CS/Indra)

Baca Juga

Facebook comment

Berita Terkini
PS TIRA Gasak Madura United 1-0
LIGA 1

PS TIRA Gasak Madura United 1-0

Senin, 2 April 2018 | 21:09 WIB
Klasemen
# Team PTS
1 Barcelona 51
2 Atletico Madrid 42
3 Valencia 40
4 Real Madrid 32
5 Villarreal 31
Lihat Selengkapnya
Jadwal TV
13 Maret 2018 3:00
Stoke City
VS
Manchester City
11 Maret 2018 23:00
Bournemouth
VS
Tottenham Hotspur
11 Maret 2018 22:15
Atletico Madrid
VS
Celta de Vigo
11 Maret 2018 20:30
ARSENAL
VS
Watford
11 Maret 2018 18:00
ESPANYOL
VS
Real Sociedad
Lihat Selengkapnya