PRE Premier League: Liverpool vs Manchester City
Mega Fransisca | Sabtu, 13 Januari 2018 | 10:40 WIB

Cekskor.com - Manchester City telah melalui dua ujian berat dengan menggebuk Chelsea dan Manchester United di laga kandang. Pada 30 September 2017, Man City mencukur tuan rumah Chelsea 1-0, sementara Derbi Manchester dengan Manchester United sebagai tuan rumah dimenangi Man City 2-1. Akankan superioritas Man City berlanjut di markas Liverpool?

Minggu (14/1), Man City melawat ke kandang Liverpool yang secara statistika sulit ditaklukkan Man City dengan menelan kekalahan pada empat pertemuan terakhir di Stadion Anfield. Liverpool terbilang lawan sulit buat Man City meski di akhir musim Man City acap finis lebih mentereng ketimbang Liverpool. Selama 45 tahun terakhir, Liverpool hanya dua kali menelan kekalahan dari Man City di Anfield.

Ancaman berat juga menanti awak Pep Guardiola pada lawatan besok. Guardiola menegaskan kemenangan wajib digasak timnya untuk menunjukkan kredibilitas mereka di trek kampiun meski sejauh ini Man City telah menancapkan diri mereka sebagai kandidat kuat juara dengan memuncaki klasemen sementara dan tidak terkalahkan dalam 22 laga Premier League. Man City juga unggul 18 poin atas Liverpool.

"Ini tes sesungguhnya di Anfield, salah satu stadion paling bergengsi di dunia. Ini laga besar buat kami dan kami akan mempersiapkannya dengan matang. Untuk memenangi gelar juara Anda harus memenangi pertandingan seperti ini. Musim ini kami sudah menunjukkannya tetapi masih harus ke Anfield dan Tottenham. Tapi besok laga penting untuk kembali menyadarinya, kalau kami bisa melakukan sesuatu yang besar musim ini," ucap Guardiola.

"Saya tidak percaya mengenai hal semacam ini (rekor), tetapi dalam 45 tahun kami hanya menang dua kali, itu artinya sangat besar, betapa beratnya bermain di sini. Rekor itu akan dipatahkan," sambungnya.

 Beratnya Anfield untuk ditaklukkan akan semakin mengancam Man City mengingat lini pertahanan Liverpool kini disokong Virgil van Dijk. Tak hanya itu, lini serang tuan rumah juga kembali mendapatkan servis Mohamed Salah yang dipastikan pelatih Jurgen Klopp siap pulih dari cedera. Salah absen pada dua laga terakhir setelah menderita cedera pangkal paha pada kemenangan 2-1 atas Leicester City pada Desember 2017.

"Bila tidak ada yang terjadi saat ini, Mo sudah kembali, ia kembali berlatih dengan normal. Hendo (Jordan Henderson) kembali ke lapangan dan berlatih tetapi belum masuk sesi latihan tim. Alberto Moreno sudah kembali ke latihan tim kemarin untuk pertama kalinya. Minggu mungkin terlalu dini buatnya, ia harus berlatih lebih layak lagi," bilang Klopp.

PRAKIRAAN PEMAIN

LIVERPOOL (4-3-3): Mignolet; Alexander-Arnold, Matip, Van Dijk, Robertson; Milner, Can, Wijnaldum; Salah, Firmino, Mane

MAN CITY (4-3-3): Ederson; Walker, Stones, Otamendi, Delph; Bruyne, Fernandinho, Silva; Sterling, Aguero, Sane

PREDIKSI

LIVERPOOL 50-50 MAN CITY

Pada pertemuan terakhir di musim ini, Man City menang telak atas Liverpool 5-0 di Stadion Etihad. Namun, sejarah menunjukkan Stadion Anfield tidak bersahabat buat Man City. Hasil imbang bukan tidak mungkin membungkus pertandingan yang berpotensi sengit ini. Terlebih Liverpool memiliki waktu lebih banyak dalam persiapan mereka ketimbang Man City yang harus menjalani laga midweek kemarin melawan Bristol City.

Satu poin yang harus diperhatikan Liverpool adalah minusnya Philippe Coutinho di lini tengah Liverpool pasca transfer sang pemain ke Barcelona pada akhir pekan lalu. Klopp harus mencari polesan baru untuk mengisi ruang kosong Coutinho. James Milner dan Alex Oxlade-Chamberlain kemungkinan diturunkan sebagai starter di lini tengah.

(CS/Frans)

Klasemen
# Team PTS
1 Barcelona 51
2 Atletico Madrid 42
3 Valencia 40
4 Real Madrid 32
5 Villarreal 31
Lihat Selengkapnya
Jadwal TV
23 Januari 2018 3:00
Swansea City
VS
Liverpool
22 Januari 2018 2:45
Real Betis
VS
Barcelona
22 Januari 2018 0:30
Real Sociedad
VS
Celta de Vigo
21 Januari 2018 23:00
Southampton
VS
Tottenham Hotspur
21 Januari 2018 22:15
Atletico Madrid
VS
Girona
Lihat Selengkapnya