Inilah Alasan Sesungguhnya Pemain Menutup Mulut Saat Bicara di Lapangan
Rizal | Sabtu, 2 Desember 2017 | 16:39 WIB

Cekskor.com – Para pemain saling berbicara di lapangan dengan menutup mulut mereka dengan tangan menjadi pemandangan yang biasa terlihat belakangan ini. Banyak yang percaya hal itu dilakukan untuk merahasiakan informasi penting taktik dari lawan dan kamera televisi.

Ada juga yang percaya hal itu dilakukan agar para pemain terhindar dari masalah atau sanksi yang mungkin timbul dari ucapan mereka terhadap wasit atau lawan.

Tapi, kebiasaan berbicara sambil menutup mulut tersebut ternyata tidak ada hubungannya dengan upaya untuk merahasiakan apa yang diucapkan. Hal itu dilakukan hanya untuk memastikan ucapan mereka bisa didengar.

Konsultan Humas, Phil Hall, yang pernah bekerja di klub-klub top Inggris mengatakan tidak ada pemain yang diperintahkan untuk menutup mulut mereka saat membicarakan taktik di lapangan.

"Seorang pemain pernah memberi tahu saya alasan utama mereka melakukan itu. Terkadang dengan menutup mulut kita saat berbicara dengan orang di dekat kita, hal itu bisa membuat suara lebih terdengar.

“Ada banyak suara di dalam stadion sehingga mereka harus memperkuat suara mereka. Di ruangan luas yang bising, saat kita berbicara seperti biasa, suara kita akan menyebar. Menutup mulut dengan tangan dan mengarahkan ke lawan bicara seperti sebuah corong yang membuat suara menjadi lebih jelas terdengar."

Mski begitu, Hall tidak menampikan bahwa sejumlah stasiun televisi sengaja menyewa seorang pembaca gerak bibir untuk mengetahui apa yang diucapkan pemain di lapangan. Tapi, itu bukan sesuatu yang biasa di stasiun televise Inggris.

"Itu bermula di Amerika Selatan di mana sejumlah stasiun televise sengaja menyewa seorang ahli pembaca gerak bibir untuk mengetahui apa yang diucapkan pemain di lapangan dan di bangku cadangan.

"Tapi, para pemain menutup mulutnya hanya ikut-ikutan dan tidak diberi instruksi khusus untuk melakukannya." (CS/Rizal)

Klasemen
# Team PTS
1 Barcelona 39
2 Valencia 34
3 Atletico Madrid 33
4 Real Madrid 31
5 Sevilla 28
Lihat Selengkapnya
Jadwal TV
11 Desember 2017 3:00
Olympique de Marseille
VS
Saint Etienne
11 Desember 2017 2:45
Villarreal
VS
Barcelona
11 Desember 2017 0:30
Levante
VS
Athletic Bilbao
10 Desember 2017 23:00
Nantes
VS
OGC Nice
10 Desember 2017 23:00
Manchester United
VS
Manchester City
Lihat Selengkapnya