Guardiola Nasehati Mourinho Soal Kegagalan
Indra Kurniawan | Rabu, 13 September 2017 | 17:32 WIB

Cekskor.com - Pep Guardiola dan Jose Mourinho mengusung rivalitas keras ketika di La Liga. Itu tak lepas dari persaingan ketat antara Barcelona dan Real Madrid. Sejak musim lalu, keduanya bertemu lagi di Premier League Inggris. 

Mourinho membesut Manchester United dan Guardiola meramu Manchester City. Namun, tak terlihat rivalitas negatif dari keduanya. Ada kecurigaan bahwa kedua pelatih top dunia tersebut telah menjalin persahabatan di luar lapangan. 

Terlepas apakah kecurigaan itu benar atau tidak, yang pasti mereka masih saling mengomentari. Seperti yang dilakukan oleh Guardiola terkait ucapan Mourinho mengenai keuntungan tim-tim non-Inggris di kompetisi Eropa. 

Mourinho menyebut tim-tim di liga lain semisal Spanyol, Italia, Jerman, Prancis, dan Belanda punya kesempatan mengistirahatkan para pemain terbaik mereka di pengujung kompetisi elit Eropa macam Champions League dan Europa League. 

Tim-tim Inggris tak bisa melakukan itu karena persaingan di liga domestik mereka, Premier League, sangat ketat. 

"Ada perbedaan-perbedaan terkait negara-negara lain. Real Madrid tahun lalu memainkan partai La Liga pada bulan terakhirnya dengan tim kedua. Mereka bisa hadir di final Champions League dengan sebuah tim yang segar," kata Mourinho. 

"Juventus, karena mereka adalah juara di Italia tiga bulan sebelumnya, bisa memainkan bulan terakhirnya di Serie A dengan tim kedua. Itu mustahil dilakukan tim-tim Inggris karena kompetisi di sini sangat kuat hingga akhir."

Namun, Guardiola, yang pernah melatih di Spanyol dan Jerman, tak sepakat. Ia bahkan menasehati Mourinho, yang pernah membesut tim Portugal, Spanyol, dan Italia, untuk belajar menerima kegagalan. 

"Saya tak bisa bicara untuk empat tim lainnya di Champions League. Namun, jika kita tak menang atau memberikan penampilan terbaik, ini akan menjadi sebuah kegagalan. Saya belajar sejak awal -- saya bisa menerima dan mengatasi kegagalan tersebut," ucapnya. 

(CS/Indra)

Klasemen
Jadwal TV