McLaren & Honda Resmi Bercerai
Indra Kurniawan | Rabu, 13 September 2017 | 13:58 WIB

Cekskor.com - McLaren dan Honda akhirnya sepakat untuk mengakhiri kerja sama mereka di F1. Tim Inggris dan pabrikan mesin asal Jepang tersebut mengakui kegagalan mereka membangun mobil kompetitif untuk Fernando Alonso dan Stoffel Vandoorne musim ini. 

Meski belum diumumkan secara resmi, rumornya McLaren telah mengikat kontrak berdurasi tiga tahun dengan pabrikan mesin Prancis, Renault. Ini berarti berbarengan dengan habisnya durasi regulasi mesin yang berlaku sekarang pada 2020. 

Renault akan menjadi pemasok McLaren mulai 2018. Pengumuman resminya ditengarai akan dilakukan pada GP Singapura, akhir pekan ini. 

Pasca bercerai dari McLaren, Honda tak akan pergi dari F1. Mereka akan menjadi pemasok mesin Toro Rosso mulai musim depan. Jelas dibandingkan dengan McLaren, tekanan untuk sukses secara instan tak dituntut di Toro Rosso.

Honda bisa dibilang tengah mengincar posisi Renault yang kini menjadi pemasok mesin tim induk Toro Rosso, yakni Red Bull Racing. So, Honda wajib memberikan mesin terbaik kepada Toro Rosso. 

Penggantian pemasok mesin dan tim ini diyakini juga akan mempengaruhi posisi pembalap. Carlos Sainz rumornya akan mendapatkan satu kokpit di Renault bersama dengan Nico Huelkenberg pada 2018. 

McLaren juga diyakini bakal bisa membujuk Alonso untuk bertahan bersama mereka tahun depan. 

(CS/Indra)

Berita Terkait
Klasemen
Jadwal TV