Grid Girls Bakal Didepak dari F1 dan MotoGP
Redaksi Cekskor | Senin, 15 Mei 2017 | 16:27 WIB

Cekskor.com - Ratusan atau bahkan ribuan gadis terancam kehilangan pekerjaan mereka sebagai grid girls atau gadis grid di F1. Pasalnya, FIA mendapat tekanan agar segera 'medepak' grid girls dari starting grid di race weekend mereka. 

Hal ini diserukan oleh Inieciativa per Catalunya Verds (ICV), sebuah partai politik di Provinsi Catalunya, Spanyol. Mereka berusaha membatas jumlah grid girls pada GP F1 Spanyol di Sirkuit Catalunya, pekan lalu. 

ICV ini menyoroti pakaian grid girls yang kelewat seksi sehingga mengesankan diskriminasi terhadap para gadis tersebut. ICV bahkan mengusulkan agar terjadi kesetaraan gender, grid boys juga diadakan. 

Jordi Manils dari ICV mengungkapkan kepada stasiun radio Spanyol, Cadena Ser Catalunya, bahwa grid girls tak cocok di Abad 21. Namun, ICV hanya memfokuskan pembatasan ini di Catalunya.

"Apa yang dilakukan ICV adalah mengobjekkan para gadis dengan sebuah peran di mana mereka hanya menjadi sebuah objek sederhana dan sebuah ornamen dari sebuah situasi," kata Manils. 

Namun, ICV sadar mengajukan proposal tersebut membutuhkan persetujuan dari partai politik lainnya. Meski begitu, ini mungkin tak akan sulit. Sebab, menurut Motorsport.com, sebuah voting atau pemungutan suara dilakukan setelah proposal itu diajukan. 

Dewan Kota Jerez sebelumnya juga telah mengajukan larangan pada paddock girls untuk MotoGP Spanyol, dua pekan lalu. Namun, Dorna, selaku promotor MotoGP, menolak ide tersebut. 

Tekanan agar menghilangkan pengerahan paddock girls oleh tim dan pengelola sirkuit untuk menarik fans pria dianggap sudah usang. Sebab, citra para gadis di paddock yang didominasi pria hanya dipandang sebagai dekorasi. 

Beberapa tim sepakat dengan ide tersebut. Mereka pun berhenti menggunakan paddock girls sebagai bagian dari aktivitas promosi balap mereka. Pull&Bear Aspar Ducati sudah tak lagi 'memamerkan' keseksian paddock girls di tim tahun ini. 

Namun, FIA maupun FIM belum memberi respons terhadap tekanan penghapusan grid atau paddock girls dari kejuaraan mereka masing-masing.

(CS/Indra)

Berita Terkait
Klasemen
Jadwal TV