Jepang Mengamuk, Cina Terpuruk, di Semifinal Dubai
Rey | Minggu, 17 Desember 2017 | 00:56 WIB

Cekskor.com -- Pertandingan semifinal BWF World Superseries Finals ditandai dengan rontoknya empat dari enam wakil Cina, sementara Jepang meloloskan tiga dari empat wakil.

Di tunggal putra, pemain Denmark Viktor Axelsen sementara mulus dalam kampanye mempertahankan gelar yang direbutnya pada 2016 di Hamdan Sports Complex setelah ia mengalahkan Shi Yuqi dari Cina, 21-12, 21-8.

Di final, ia akan bertemu Lee Chong Wei, pemain Malaysia yang sudah mengantongi empat gelar setelah yang terakhir pada 2013. Di semifinal, Chong Wei mengalahkan Son Wan Ho dari Korea. Ini kegagalan kedua Wan Ho di semifinal dalam dua tahunj berturut-turut.

Sementara tahun lalu, Axelsen jadi juara setelah di final mengalahkan Tian Houwei dari Cina.

Di tunggal putri, Pusarla V Sindhu mengoreksi penampilannya tahun lalu ketika ia kandas di tangan Sung Ji-hyun di semifinal. Kali ini, pemain India ini menyingkirkan Chen Yufei dari Cina dan ke final untuk berjumpa Akane Yamaguchi dari Jepang.

Buat Yamaguchi, ini jadi arena pembalasannya ketika tahun lalu kalah dari Pusarla di babak penyisihan grup dan gagal ke semifinal. Di nomor tunggal putri, Jepang terakhir merebut gelar pada 2015 melalui Nozomi Okuhara.

Di ganda putra, Indonesia meloloskan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon setelah menang atas Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dari Jepang, 21-10, 18-21, 21-16. Tahun lalu, Kamura/Sonoda kalah di final dari pasangan Malaysia, Goh V Shem/Tan Wee Kiong.

Di final, Kevin/Marcus akan bertemu pasangan Cina Liu Cheng/Zhang Nan.

Sementara di ganda putri, untuk kali pertama Negeri Matahari Terbit  menampilkan final sesama pemain Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota vs Shiho Tanaka/Koharu Yonemoto.

Fukushima/Hirota menang atas pasangan Cina Huang Yaqiong/Yu Xiaohian, dan Tanaka/Yonemoto menyudahi perlawanan Kamila Rytter Juhl/Christinna Pedersen dari Denmark.

Hasil ini sekaligus menandai runtuhnya dominasi Cina yang dalam dua tahun berturut-turut merebut gelar nomor ini sekaligus memastikan Jepang membawa pulang satu gelar.

Di ganda campuran, Tang Chun Man/Tse Ying Suet dari Hong Kong menjadi algojo kekalahan Wang Yilyu/Huang Dongping dari Cina. Di final, mampukah pasangan Hong Kong ini kembali mengalahkan wakil dari negeri leluhurnya, Zheng Siwei/Chen Qingchen?

Siwei/Qingchen pastinya akan habis-habisan memastikan gelar sekaligus mempertahankan medali yang direbutnya tahun lalu,  apalagi pertandingan ini digelar di partai perdana laga final mulai pukul 13:00 waktu setempat.

Sebab, jika mereka kalah, bisa saja Cina akan gigit jari untuk kali pertama sejak 2010,  karena di partai ketiga Liu Cheng/Zhang Nan akan berjumpa Kevin/Marcus, pasangan Indonesia nomor 1 dunia.

Berikut partai final selengkapnya:

Waktu

Nomor

Pemain

Vs

Pemain

13:00

Ganda Campuran

Tang Chun Man/Tse Ying Suet, HKG

-

Zheng Siwei/Chen Qingchen, CHN

 

Tunggal Putri

Pusarla V SIndhu, IND

-

Akane Yamaguchi, JPN

 

Ganda Putra

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, INA

-

Liu Cheng/Zhang Nan, CHN

 

Ganda Putri

Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, JPN

-

Shiho Tanaka/Koharu Yonemoto, JPN

 

Tunggal Putra

Victor Axelsen, DEN

-

Lee Chong Wei, MAS

(CS/Rey)

Klasemen
# Team PTS
1 Barcelona 51
2 Atletico Madrid 42
3 Valencia 40
4 Real Madrid 32
5 Villarreal 31
Lihat Selengkapnya
Jadwal TV
23 Januari 2018 3:00
Swansea City
VS
Liverpool
22 Januari 2018 2:45
Real Betis
VS
Barcelona
22 Januari 2018 0:30
Real Sociedad
VS
Celta de Vigo
21 Januari 2018 23:00
Southampton
VS
Tottenham Hotspur
21 Januari 2018 22:15
Atletico Madrid
VS
Girona
Lihat Selengkapnya