BERITA LIGA INGGRIS >> PREMIER LEAGUE

Spurs Taklukkan Newcastle 2-0

Bamidele Alli (Tottenham Hotspur) --FOTO: REUTERS/Scott Heppell

Minggu, 13 Agustus 2017 21:16 WIB

Cekskor.com - Tottenham Hotspur merengkuh tiga poin pada laga pertama mereka di Premier League 2017/2018. Pasukan Mauricio Pochettino menaklukkan tuan rumah Newcastle United di St James' Park, Minggu (13/8). Spurs belum melakukan pembelian di bursa transfer musim panas ini. 

So, Pochettino tak punya plihan selain memainkan para pemain yang nyaris sama seperti skuad yang musim lalu membawa mereka finis di peringkat kedua klasemen akhir Premier League. Hanya Kyle Walker yang tak ada di skuad Spurs lagi. Bek kanan ini telah hengkang ke Manchester City di bawah asuhan Pep Guardiola. 

Menariknya, Pochettino memainkan pemain dengan nama yang nyaris sama dengan Walker, yakni Kyle Walker-Peters, di posisi bek kanan. Danny Rose juga harus absen lantaran sikap vokalnya yang mengkritik kebijakan transfer Spurs sebelum akhirnya meminta maaf. Pochettino pun memasinkan Ben Davies sebagai pengganti Rose di posisi bek kiri. 

Newcastle besutan Rafael Benitez, yang baru promosi dari Divisi Championships, tak memperlihatkan rasa takut dihadapan Spurs. Namun, mereka harus mengakui bahwa klub London Utara tersebut lebih kuat. Setelah berhasil menahan Spurs 0-0 pada babak I, petaka mendatangan The Magpies. 

Gelandang mereka, Jonjo Shelvey, diganjar kartu merah akibat kesalahan konyol. Dalam sebuah situasi tendangan bebas untuk Newcastle di zona pertahanan Spurs, Shelvey bermaksud mengambil cepat tendangan bebas, tapi dihalangi oleh Bamidele Alli. Shelvey bereaksi keras dengan menginjak engkel Alli dari belakang. 

Sempat terjadi kerusuhan, tapi wasit tanpa ampun memberikan kartu merah kepada Shelvey pada menit 48. Dengan jumlah pemain surplus satu, Spurs pun leluasa menguasai permainan. Pada menit 61, Bamidele Alli mencatatkan namanya di papan skor. Gelandang Inggris ini mencetak gol dengan memanfaatkan assist dari Christian Eriksen. 

Pada menit 70, gol yang dinantikan Pochettino dan pasukannya terjadi. Davies memngkonversi assist juga dari Eriksen. Meski memborbardir pertahanan Newcastle, Spurs gagal mendapatkan gol ketiganya hingga pertandingan selesai. 

Dengan torehan tiga poin ini, Spurs menempati peringkat kedua klasemen di bawah Huddersfield yang menang 3-0 atas tuan rumah Crystal Palace, Sabtu (12/8).

SUSUNAN PEMAIN 

NEWCASTLE (4-2-3-1): Elliot; Manquillo, Lejeune (Mbemba 34), Clark, Dummett (Lascelles 7); Shelvey, Hayden; Ritchie, Perez, Atsu, Gayle (Merino 76)

TOTTENHAM (4-2-3-1): Lloris; Davies, Vertonghen, Alderweireld, Peters; Dembele (Winks 90), Dier; Eriksen, Alli (Wanyama 82), Sissoko (Son 58); Kane

(CS/Indra)

Berita Terkait